Its all about information

Semakin Hari Gunung Everest Makin Hangat


detail berita
Gunung Everest (Foto: BigThink)
MEKSIKO CITY – Peneliti dari University of Milan di Italia menemukan bahwa permukaan Gunung Everest lebih hangat dari temuan sebelumnya. Hal ini disebabkan lapisan es yang menutupi gunung tertinggi di dunia tersebut telah mencair hingga 13 persen dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

Dalam pertemuan American Geophysical Union (AGU) di Meksiko, peneliti mengungkapkan temuannya melalui satelit pencitraan dan analisis statistik bahwa sebagian besar daerah sekitar Everest mengalami pencairan salju atau gletser (lapisan besar es yang bergerak turun perlahan-lahan ke lereng gunung atau dataran). Demikian disitat BigThink, Kamis (16/5/2013).

Tidak mengherankan apabila permukaan lapisan salju yang menyelimuti Everest mengalami penurunan sebesar 43 persen. Tim peneliti juga menyatakan temuan mereka ini tidak memberikan penjelasan secara eksplisit keterkaitan antara pencairan es dengan perubahan iklim.

Mereka mencatat bahwa sejak 1992 lalu, suhu daerah tersebut meningkat satu derajat per tahunnya. Sedangkan, curah hujannya menurun sebesar hampir empat inci selama pra-monsun (perubahan iklim yang ditandai dengan pergantian arah angin) dan musim dingin.

Sekadar tambahan informasi dari Wikipedia, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di duniadengan ketinggian hingga 8.850 meter. Gunung Everest terletak di banjaran gunung Himalaya. Gunung Everest juga dikenal sebagai gunung yang biasanya menjadi icon para pendaki di seluruh dunia.


Sumber: Okezone.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Alam / Global News dengan judul Semakin Hari Gunung Everest Makin Hangat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://haikalhazazi12.blogspot.com/2013/05/semakin-hari-gunung-everest-makin-hangat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: the great kazami - Sabtu, 18 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Semakin Hari Gunung Everest Makin Hangat"

Posting Komentar